Kamis, 21 Mei 2015

Pengertian Dasar Equalizer

Equalizer adalah alat yang dapat digunakan untuk menyamakan suara speaker supaya mendekati
Supaya kita dapat men-eq suatu system dengan baik, maka sebelum kita menggunakannya kita perlu memahami kinerja eq terlebih dahulu. Gain / level, adalah tombol yang digunakan untuk menambah atau mengurangi frekuensi yang kita inginkan.
Berikut adalah tombol-tombol dan fungsi dalam system equalizer
suara aslinya. Banyak orang salah mengartikan fungsi equalizer, mereka menggunakannya untuk menonjolkan frekuensi-frekuensi tertentu yang sebenarnya tidak perlu diangkat, atau bahkan mengurangi frekuensi-frekuensi tertentu yang tidak perlu dikurangi. Sebenarnya equalisasi sangat tergantung dari rasa seni seseorang dan respon telinga orang yang mengoperasikan peralatan sound system.
  • Low pass / High pass, adalah tombol yang digunakan menghilangkan frekunsi-frekuensi di bawah atau di atas frekuensi yang kita set.
  • Q / Bandwidth, adalah tombol yang digunakan untuk memperlebar atau mempersempit kurva equalizer.
  • Frequency, mengubah frekuensi sehingga mencapai frekuensi yang kita inginkan.
  • Volume gain / make up gain, adalah tombol yang digunakan untuk menambah atau mengurangi level suara yang keluar dari equalizer.
Frequensi dalam equalizer :
  • Low bass / Sub Bass Range Frequency 20 Hz – 80 Hz
  • Bass Range Frequency 80 Hz – 250 Hz
  • Lower Middle Range Frequency 250 Hz– 500 Hz
  • Midle Range Frequency 500 Hz – 2 kHz
  • Upper Middle Range Frequency 2 kHz – 4 kHz
  • Presence Range Frequency 4 kHz – 6 kHz
  • Treble Range Frequency 6 kHz – 20 kHz

Ada bermacam-macam jenis equalizer sesuai dengan jenis dan penggunaannya.
Berdasarkan jenisnya dapat dibagi menjadi :
 1. Parametrik equalizer
Kurva equalizer ini dapat kita geser dan rubah bentuk kurvanya, dengan kata lain semua parameter (ukuran) yang ada dapat kita rubah. Parameter yang dapat kita ubah adalah : Gain, untuk mengurangi atau menambah kurva parametrik yang kita inginkan, besarnya diukur dalam dB. Q, adalah besaran yang digunakan untuk memperlebar atau mempersempit kurva parametrik sesuai dengan yang kita inginkan, besarannya pada umumnya menggunakan skala 0,1 hingga 10. Frekuensi, frekuensi pada equalizer parametrik dapat kita geser hingga mencapai frekuensi yang kita inginkan.

Bentuk kurva pada parametrik equalizer ada 2 : Shelving, bentuk kurva ini memiliki puncak pada bagian akhir frekuensi rendah maupun frekuensi tinggi dari spektrum frekuensi yang kemudian mendatar hingga akhir frekuensi. Seperti hi-shelving, akan mengangkat puncak frekuensi 12 kHz, dan low-shelving akan mengangkat frekuensi 80 Hz pada umumnya. Beberapa eq menyediakan fasilitas untuk kita dapat mengubah frekuensi pada puncak kurva. Bell shape, bentuk kurva pada equalisasi ini adalah seperti lonceng, pada umumnya parametrik murni akan menggunakan bentuk equalisasi ini.

2. Graphic equalizer Equalizer
yang hanya dapat kita tambah dan kurangi pada frekuensi yang sudah ditetapkan oleh pabrik, biasanya berdasarkan besarnya oktav. Yang umum beredar di pasaran adalah 1/3 oktav (31 titik frekuensi) dan 2/3 oktav (15 titik frekuensi). Grafik equalizer dapat kita bagi dalam beberapa jenis. Constant Q, bentuk kurva (Q) grafik eq ini tetap walaupun gain hanya di ubah sedikit ataupun banyak Variable Q, bentuk kurva grafik eq ini tidak tetap, tergantung dari berapa banyak kita mengangkat gain. Bandpass filter parameter, bentuk kurva tetap dan gain tetap hanya frekuensi yang dapat kita geser. Perfect Q, adalah grafik eq analog tapi diproses secara digital, mirip dengan constant Q hanya lebih akurat.

 3. Filter
 Pada umumnya orang tidak memasukkan filter sebagai jenis equalizer oleh karena cara kerjanya yang mirip dengan crossover. Tetapi karena filter juga dapat membantu kita mengurangi
frekuensi yang tidak kita inginkan, sehingga dapat pula kita masukkan sebagai salah satu jenis equalizer. Contoh dari jenis eq ini adalah switcable highpass dan switcable lowpass, Highpass filter sangat berguna untuk mengurangi suara plosive (P,B,C,D,T) pada microphone. Sedangkan lowpass dapat membantu kerja driver suara tinggi agar tidak bekerja berlebihan sebagai akibat frekuensi tinggi yang sebenarnya tidak terdengar, tetapi merusak.

0 komentar:

Posting Komentar