Rabu, 25 November 2015

Musik Patrol


Musik patrol adalah seni bermain musik secara bersama-sama layaknya gamelan. Namun bedanya alat yang digunakan merupakan alat tradisional berupa tabung kayu atau yang biasa disebut kentongan yang biasa dibawa para petugas ronda pada malam hari.
Namun seiring berjalannya waktu bentuk kentongan yang sederhana dikembangan menjadi kentongan dalam berbagai ukuran yang tentunya mengkhasilkan berbagai bunyi khas kentongan namun dengan tinggi nada yang berbeda-beda.

Selain kentongan biasanya permainan musik patrol juga diiringi oleh seruling (ini yang membedakan musik patrol dengan musik tongtong khas madura yang alat tiupnya menggunakan saronen).

Nah yang lebih khas lagi… musik patrol ini sebenarnya adalah musik untuk membangunkan orang sahur… jadi musik patrol ini biasa ditemui di Jember pada saat bulan ramadhan dikala sahur… tapi diluar ramadhan-pun sebenarnya grup2 musik trol ini juga berlatih agar budaya musik patrol tidak punah.
Musik patrol sendiri biasanya memainkan lagu-lagu “banyuwangian” dan “maduraan” (ini karena sebagian besar warga jember berasal dan menggunakan 2 bahasa daerah ini), selain itu juga lagu-lagu islami tentunya karena ini musik penggugah sahur, dan karena akhir-akhir ini dibulan ramadhan bertepatan pada bulan agustus maka sering juga para pemain musik patrol memainkan lagu kemerdekaan.

0 komentar:

Posting Komentar