Jumat, 13 November 2015

Sejarah alat musik cello


Apakah alat musik cello itu? Mungkin sebagian masyarakat kita ada yang masih belum tahu alat musik cello ini. Nah, berikut ini kita akan menyajikan ulasan tentang artikel sejarah alat musik cello. Selamat menyimak.

Cello berasal dari “Violocello” yang disingkat menjadi cello, dalam bahasa italia violoncello yang berarti “violone kecil”. Violone merupakan instrumen kuno, sebuah viol besar yang hampir sama dengan bass modern. Namun  jika dalam bahasa Indonesia cara pengucapan pun sama dengan celo atau selo, yaitu alat musik gesek dan merupakan anggota dari keluarga biola. Cellis adalah sebutan untuk orang yang memainkan alat musik cello ini. Cello merupakan alat musik yang paling terkenal dalam berbagai aspek, dijadikan sebagai inti atau fondasi dalam orkes modern dan musik kamar yang merupakan instrumen tunggal.
Cello ini terbuat dari kayu, meski beberapa cello sekarang ini banyak yang terbuat dari bahan serat karbon. Kayu spruce adalah bahan untuk Cello tradisional pada bagian atas, lalu bagian belakang, leher dan sisinya menggunakan bahan kayu maple. Kayu – kayu yang lain, seperti willow atau poplar, terkadang juga digunakan sebagai bagian sisi atau belakangnya. Bahkan senar – senar cello modern bahannya terbuat dari nilon, baja, usus atau bahan – bahan inti sintetis yang lain, yang dilapisi dengan macam – macam gulungan logam. Cello ini adalah alat musik klasik Eropa khususnya italia.

0 komentar:

Posting Komentar