Senin, 21 September 2015

Rumah Batik - Surabaya

Rumah Batik Tambak Dukuh - Surabaya


Batik sudah menjadi ikon nasional dan diakui dunia pasca ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Di Indonesia batik menjadi baju seragam baik instansi negeri maupun swasta.

Masing masing daerah mempunyai ciri khas corak yang berbeda-beda. seperti corak Yogya, Solo, Cirebon, Pekalongan dan lain-lain. Bahkan di Yogyakarta ada beberapa tempat wisata dimana kita bisa mngikuti kursus singkat membatik diantaranya kampung Mangunan dan Desa Giriloyo

Jawa Timur juga mempunyai keaneka ragaman batik yang cukup banyak. Sedikitnya ada 16 kabupaten yang mempunyai corak dan ragam tersendiri.yakni batik Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Malang, Batu, Jombang, Kediri, Pacitan, Banyuwangi, Jember dan Tulungagung.



Tentu akan merepotkan jika harus mendatangi daerah-daerah itu satu persatu jika ingin melihat ragam batik. Untuk melihat koleksi aneka ragam batik seluruh Jawa Timur tersebut repot kalau harus mendatangi satu persatu daerah penghasil batik tersebut. Di Yogyakarta aneka batik tersimpan di Museum Batik, sedangkan jika di Surabaya Anda bisa datang ke Rumah Batik Jawa Timur. Terletak di Jl. Tambak Dukuh I No. 4 Surabaya, rumah ini merupakan inisiatif pengrajin batik asal Pamekasan Madura bernama Faiqah Ismail.

Di Sini kita dapat menyaksikan hampir 2.000 lembar batik dengan berbagai rumah batik jatim1corak dan ragam. Tak heran jika kemudian Rumah Batik Jawa Timur mendapatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Bukti penghargaan tersebut berupa batik berlogo kota Surabaya terbesar yang bisa Anda saksikan jika berkunjung ke rumah batik tersebut. Rumah Batik Jawa Timur dibuka untuk umum mulai tahun 2004 ini dapat dikunjungi pada sejak pukul 08.00 – 20.00 WIB setiap hari kerja atau hingga pukul 19.00 WIB saat akhir pekan.

0 komentar:

Posting Komentar